Thursday 11 October 2012

Unik Manusia

Ada beberapa cara agar kita mengetahui sifat asli seorang manusia. Saya sendiri baru menemukan 2, insyaAllah dengan eksperimen ala Eva Bruner nanti kita bisa tahu lebih banyak cara.

1. Kita akan mengetahui sifat asli manusia saat kondisi kita berada di bawah orang lain. Hal ini sudah banyak yang mencoba dan terbukti memang benar. Saya sering melakukan percakapan dengan bapak tukang beca, atau ibu penjual gado-gado. Mereka menceritakan bagaimana mereka dipandang sebelah mata atau bahkan banyak diataran mereka yang tak dipandang sama sekali.

2. Kita bisa mengetahui sifat alsi seorang manusia saat kita berbuat salah kepadanya. Beberapa waktu lalu, tepatnya saat lebaran haji saya berbincang dengan seorang ibu yang mengaku korupsi ratusan juta rupiah. Saya masih ingat sekali apa yang dikatakan beliau. "Ibu mengaku salah, karena telah menyalahgunakan kepercayaan mereka. Tapi sungguhpun sekarang ibu tahu, siapa yang benar-benar dekat dengan Tuhan, siapa yang benar-benar layak disebuat manusia, siapa yang mengedepankan nafsu, siapa yang bisa dikatakan manusia hewan."

Khusus untuk no.2, saya sendiri pernah mencobanya. Saya berbuat salah dan saya bisa menyimpulkan banyak hal. Ada yang tahu saya salah tapi marah membiarkan saya berlarut dala kesalahan saya, ada yang mengingatkan dengan nada yang menggembirakan, ada yang mengomel tapi setelah itu masalahpun selesai karena dibicarakan. Banyak jawaban.

Itulah manusia. UNIK!
Lalu, manusia manakan yang Tuhan suka?

No comments:

Post a Comment