Thursday 11 October 2012

My Priority

Malam ini, ada kebahagiaan yang kulihat dari seorang kawan. Dia mendapatkan kesan yang tak bisa dilupakan.

Ya, aku berada di kamarku. Seperti biasa, menganalisis tulisan macam apapun dengan pendekatan-pendekatan sastra dan mengubahnya menjadi tulisan baru orisinil karyaku. Itu tugas kuliahku. Selalu begitu setiap malam. Walau kadang aku juga bisa membaca semalaman, tapi seringnya mengerjakan tugas seperti malam ini.

Tidak biasanya, aku membuka jendela dan pintu kamar saat duduk di depan laptop dan menyibukan diri dengan apa yang hendak aku tulis. Entah. Malam ini ingin saja aku melakukannya, berharap ada angin masuk membawa kabar yang bisa membuatku lebih baik.

Diana, teman satu kostanku berjingkrang kegirangan. “Yes!”, katanya. Sedikit kaget dengan seruan Diana, aku beranjak dari tempat dudukku dan mencari sumber suara itu. Diana ada di lantai satu, tepatnya di dekat pintu gerbang. Di luar, kulihat kekasihnya, aku tak tahu namanya, tersenyum kepada Diana. “Oh, begitu ya senyum orang seneng karena cinta”, pikirku.

Lantas segera kekasih Diana say goodbye kepada Diana dibalas senyuman manis yang seolah mengisyaratkan cinta tiada akhir. Ah, semua klise bagiku. Saat seperti ini, aku tak sadar kalau aku lupa atas apa yang ku kerjakan sebelumnya: mengerjakan tugas kuliah.

Aku semakin terpaku melihat tingkah anak beranak ini. Diana dan kekasihnya. Aku memperhatikannya terus sampai akhirnya Diana naik keatas membawa senyum yang seolah tak akan hilang sampai dia bertemu kekasihnya lagi.

“Malam Kak”, sahut Diana kala melihatku sedang duduk di depan kamar, melihatnya naik dari bawah dan terus memperhatikan senyumnya yang mengembang.

“Seneng banget kayaknya Din?”

Dan dia hanya semakin melebarkan senyumnya, tanda iya.

Satu hal yang megusikku. Kenapa aku merindukan hal seperti ini? Aku baru sadar kalau selama beberapa tahun ini aku hanya menyibukkan diriku dengan hobi ini dan itu, kerja ini dan itu, kuliah ini dan itu, tugas ini dan itu, club studi ini dan itu. Kenapa aku tak bisa seperti Diana?

Karena aku harus kembali masuk kamar dan menyelesikan tugas kuliahku, sekarang!

Friday, May 15, 2009 at 10:40am 

No comments:

Post a Comment