Tuesday 26 March 2013

Teaching is Fun



Kalau biasanya mahasiswa yang ngomongin dosen, sekarang giliran dosennya ngomongin mahasiswa.

Okay, tulisan ini adalah tentang pengalaman saya yang sebetulnya belum lama mengajar. Saya mengajar di salah satu universitas swasta yang memiliki tag line world class university atau universitas kelas dunia. Keren yah. 

Awalnya saya tidak memiliki konsep pasti megajar itu harus bagaimana. Sebetulnya yang dikhawatirkan lebih ke bagaimana berinteraksi dengan mahasiswa. Tapi dengan mengobrol bersama rekan-rekan sesame dosen saya jadi banyak tahu. Kata temen-temen dosen, kalau ngajar itu harus tegas sama mahasiswa, jangan ragu marahin, jangan takut diomongin soalnya mahasiswa mah emang suka ngomongin dosen. Teman-teman dosen lain bilang, kalo ngajar itu harus pake baju yang rapi, harus cerah warnanya. Hmmmm… justru dosen-dosen di sini kebanyakan kalau pakai baju tuh warna-warna gelap deh. Terus mengenai kerapian, gimana yah?

Universitas ini sih memang memiliki peraturan berbusana bagi pengajar. Wow! Dosen wanita harus memakai rok. Dosen laki-laki harus pake celana. Ya iya lah, masa ga pake celana!!! Celana bahan maksudnya. 

Awal-awal saya risih dengan harus menggunakan rok. Saya merasa langkah saya terhalangi, belum lagi pakaian yang terbuat dari kain which is kemeja yang saya gunakan, tidak nyaman. Bikin saya tidak percaya diri justru. Lalu teman saya, Kak Dwi namanya, yang sama-sama mengajar di universitas yang sama, memberitahu saya bahwa boleh kok pakai celana bahan, asal baju atasannya panjang.

Oke lah, soal baju sekarang sudah tidak lagi jadi masalah.

Soal mahasiswa nih.

Emang bener yah kata dosen kita dulu, apa aja yang dikerjain mahasiswa tuh KELIHATAN. Yang bbman, yang main-main sama temen sebelah, yang merhatiin, yang tidur, yang ngantuk, yang ngaca, yang pake lipstick, aduh bo! Lucu banget yah. 

Saya sih merasa seperti melihat hidup, bahwasanya semuanya berbeda. 

Mahasiswa yang bandel ada nggak?
ADA!

Ya maksudnya ada aja setiap kelas kan. Tapi masa sih setiap tatap muka harus marahin mahasiswa yang bandel.

Berbagai tips dan trik saya dengar dari rekan-rekan dosen tentang menghadapi mahasiswa yang bandel. Hahahaha. Lucu banget deh.

Dosen A: Mahasiswa yang bandel itu ada aja setiap kelas. Jangan bingung. Langsung marahin aja kalo bandel. 

Dosen B: Sebagai dosen kita harus sabar menghadapi ulah mahasiswa. 

Dosen C: (menyela dosen B) wah kalo disabarin terus ngelunjak mahasiswanya. Seenaknya aja dia mau masuk mau nggak masuk. Mahasiswa jadi nggak punya aturan. Mending kalo ada yang bandel ya suruh keluar aja udah. Udah paling aman.

Dosen D: mahasiswa bandel mending di awal pertemuan coret aja namanya.

Dosen E: yang begitu sih cuekin aja udah. Nggak usah dikasih nilai.

Dan saya memilih saran dosen E, yaitu…jika ada mahasiswa bandel ya cuekin aja dan jangan dikasih nilai. 

Kalau emang anaknya pinter gimana? Misal dia memang bandel tapi nilainya bagus? 

Jawabannya adalah: EMANG ADA??


26 Maret 2013

No comments:

Post a Comment